6 Rumus Menuntut Ilmu

الالاتنال العلم الابستة # سانبيك عن مجمو عها ببيان
ذكاءوحرص وصتباروبلغة # وارساداستاذ وطول زمان
Ingatlah 6 perkara ketika kamu mau mendapatkan ilmu # aku akan menceritakan kepadamu perkara tersebut
Yaitu semangat, cerdas,sabar, bekal #guru dan waktu yang lama.
.
.
Nah, itu adalah syarat yang harus kita penuhi untuk mendapatkan ilmu yang baik,berkah lagi bermanfaat.
.
Syarat pertama cerdas. Bukan berarti orang tak cerdas tidak dapat mendapatkan ilmu yang baik. Cerdas yang dimaksud adalah bagaimana cara kita menyesuaikan diri di lingkungan tempa kita menuntut ilmu. Misalnya nih, kita hidup di pondok pesantren, ceritaya sekolah sambil nyantri, kita harus bisa membagi waktu kita untuk kegiatan di sekolah, pondok dan untuk aktivitas diri sendiri supaya seimbang tak ada yang tertinggal. Yang terpenting adalah kita cerdas dalam membagi waktu..hehe.

Yang kedua adalah semangat. Udah cerdas tapi gak semangat, mana bisa?
Adanya semangat pasti ada rasa senang di hati,jiwa dan raga untuk berlaku baik. Kebaikan akan menyukseskan.
Menuntut ilmu gak boleh putus semangat.
Yang ketiga sabar . Dalam menuntut ilmu kita harus sabar menghadapi berbagai ujian baik dalam bentuk senang atau susah. Ujian itu ada berbagai macam bentuk dan setiap orang diberi cobaan yang berbeda serta bentuk kesabaran yang berbeda.
Ada pepatah yang berbicara berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Kesabaran dalam menuntut ilmu itu kita harus hidup prihatin , misalnya dan masih bamyak lagi bentuknya.

Nah,yang keempat yaitu bekal. Bekal uang,mental dan kesanggupan kita untuk mendapatkan ilmu yang baik.

Kelima adalah guru. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dia yang memberantas kebodohan. Iya kan?
Mana bisa seorang murid belajar sendiri tanpa ada guru yang mengajari,mengawasi san membimbingnya. Dalam menuntut ilmu kita harus takdim kepadanya karena beliau adalah orang tua kita si tempat kita menuntut ilmu. Benar tidak?
Beliau yang mendidik jiwa kita, melalui perilaku yang takdim kepadanya insyaallah ilmu yng kita dapat akan berkah dan bermanfaat.. mau kan ???.. pasti.

Nah yang terakhir ialah waktu yang lama. Bahkan menuntut ilmu itu wajid bagi kita mulai dari dalam kandungan sampai ke liang lahat.

.
.
. Nah itu dia paparan kecil 6 syarat menuntut ilmu. Semoga bermanfaat dan kita semua mendapat ilmu yang  baik lagi berkah. Amin..
.
Terimakasih telah mengintip blogku jangan lupa tuliskan komentarmu ya.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sajak Rindu (#30DWC KE 14)

Perihal Sebuah Perasaan

Untuk hari ini